Wednesday, February 9, 2011

Cara Mengoptimalkan Kinerja Windows 7

undefined


Windows 7 merupakan operating system yang dikeluarkan oleh Microsoft, pengganti dari Windows Vista,
windows 7 merupakan operating system yang tercepat yang pernah di keluarkan oleh microsoft, dan bagi anda yang ingin lebih mempercepat dan mengoptimal  kinerja dari Windows 7 dan komputer anda  ada beberapa tips untuk lebih mengoptimalkan kecepatan dari kinerja windows 7


 
1. Nonaktifkan Otomatis Disk Defragmentation

Fitur Otomatis Disk Defragmentation di Windows dirancang untuk menjaga operating system. Namun, juga membuat Windows berjalan sedikit lebih lambat. Anda dapat mengatasi ini dengan menonaktifkan fitur tersebut secara manual.   Untuk melakukannya, klik "Start" dan pilih "Komputer" Berikutnya, klik kanan pada hard drive utama Anda dan pilih. "Properties" Terakhir., Pilih "Tools" tab, klik "Defragment Now" dan hapus centang pada Run on a schedule option


2. Memanfaatkan ReadyBoost
Fitur ReadyBoost built-in Windows 7 yang memungkinkan Anda untuk menggunakan Flash Drive di  USB untuk meningkatkan kinerja sistem. Bagaimana mungkin? Drive itu sendiri bertindak sebagai memori komputer tambahan!
Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda perlu drive USB dengan minimal  2 GB. Dari sana, Anda cukup menghubungkan drive ke komputer Anda, klik "Start" dan pilih "Komputer" Selanjutnya, klik. Pada drive USB dan pilih "ReadyBoost" Terakhir., Pilih " Use this device " dan pilih sebagai kapasitas sebanyak mungkin bawah pada cadangan " Space to reserve for system speed "
 
 3. Menonaktifkan Windows Transparency
Windows Transparency adalah tampilan windows yang transpararan atau tembus pandang seperti kaca, windows transparancy ini memberikan efek yang indah buat tampilan windows anda , tetapi ini sangat mempengaruhi dari kinerja komputer anda, karena membutuhkan memory yang lebih besar untuk grafik nya
dan lebih baik anda menonaktifkan fitur tersebut, caranya sangat mudah anda tinggal klik kanan pada desktop dan pilih "Personalize" memilih tema aktif dan kemudian arahkan ke "Windows Color" Hapus centang pada opsi "Enable Transparency "

4. Menonaktifkan Fitur yang tidak diinginkan
Di Windows 7 banyak fitur yang sebenarnya tidak  butuhkan, Fitur-fitur yang bisa memperlambat komputer Anda
Untuk menonaktifkannya, klik pada "Start", pilih "Control Panel" kemudian pilih "Programs and features" kemudian pilih opsi “Turn Windows features on or off” kemudian navigasikan daftar dan matikan semua fitur yang Anda Inginkan, Setelah selesai, cukup klik "OK" untuk menghapus fitur tersebut.

5. Nonaktifkan Startup Services
Startup Services dikenal untuk memperlambat kinerja pada Windows XP dan Vista, Hal yang sama berlaku untuk Windows 7,Anda dapat menonaktifkan layanan yang tidak diinginkan dengan klik "Start" mengetik "msconfig" di search bar dan tekan Enter kemudian klik the “Services Tab” Pada jendela berikutnya dan hapus layanan yang Anda tidak diinginkan  yang running secara otomatis pada startup.

6. Menonaktifkan  Windows Animasi dari Minimalize dan Maximalize
Animasi ini windows pada Minimalize dan maximalize dapat menurunkan kinerja dari komputer
Jika Anda ingin menonaktifkan fungsi ini, klik "Start", masukkan "System Properties Performance" pada kotak pencarian dan klik "OK" Pada layar berikutnya., Hapus jendela "Animate window when minimizing and maximizing" pilihan dan klik "OK. "

7. Update Windows 7 Driver
pastikan bahwa Anda memiliki driver terbaru dari perangkat yang dibuat khusus untuk Windows 7

Blog Archive