Thursday, March 31, 2011

Perancak

Hari berganti, jalan-jalan menikmati keindahan objek wisata Bali pun dilanjutkan lagi. Objek wisata yang kita kunjungi kali ini berlokasi di kabupaten Jembrana, di bagian barat provinsi Bali, apalagi kalau bukan Perancak.
Bagi sebagian orang ketika mendengar nama ini, teringat akan sebuah sirkuit yang berlevel nasional dan kerap menjadi tuan rumah kejuaraan motor cross dan road race. Namun ada lagi keindahan yang tersimpan di sini.Obyek Wisata Perancak merupakan sebuah obyek wisata yang indah, bibir pantainya yang dihiasi perahu-perahu nelayan merupakan suatu keindahan tersendiri untuk dinikmati.

Setiap tahun obyek wisata perancak dijadikan tempat untuk lomba sampan dayung tradisional yang biasanya dirangkaikan dengan HUT kota Negara.Di Desa Perancak terdapat tempat Pelestarian Penyu Laut yaitu “Kurma Asih” karena Pantai Perancak sangat cocok untuk tempat bertelor bagi Penyu. Ditempat ini wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan melakukan kegiatan pelepasan Tukik/Anak Penyu ke Laut.Disamping tempat pelestarian Penyu di desa Perancak juga terdapat Pusat Riset Teknologi Kelautan, stasiun Bumi NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) yang berfungsi untuk menentukan titik-titik berkumpulnya ikan di laut yang dipantau dari satelit. Pada lokasi yang sama wisatawan juga dapat melihat hamparan tumbuhan bakau yang beraneka ragam jenisnya. Di desa Perancak juga terdapat tempat penyulingan air laut menjadi air mineral yang berkadar Oksigen Tinggi yaitu Megumi.

Tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini? Mungkin anda harus segera memasukkan dalam agenda liburan di Bali mendatang.

Blog Archive