Saturday, June 11, 2011

Menulis font Cina/Jepang/Korea/Arab di Windows XP

undefined 
Cara menulis dengan font yang berbeda-beda jenis huruf nya sangat di perlukan sekali bagi orang-orang yang ingin membuat suatu artikel dalam bahasa lain, seperti cina, jepang, korea. Dan untuk membuat tulisan di dalam windows XP biasa kita tidak mungkin langsung menemukan feature ini, dan harus melakukan settingan trlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Klik “Start” kemudian  “Control Panel” kemudian “Regional and Language Options”, lalu kita pilih tab Language.
2. Beri Ceklist di “Supplement language support”, ceklist keduanya supaya lengkap. Lalu nanti kita akan di hadapkan pada kotak dialog yang memberikan informasi bahwa untuk menginstall font Jepang,Cina dan Korea kita memerlukan 230 MB, dan untuk font jenis Arabic, Thai, Armenia, Georgian, Hebrew, Indic dan Vietnam kita memerlukan hanya 10 MB atau lebih.
3. Pilih OK, lalu pilih Apply, maka akan muncul pesan agar kita memasukkan CD XP.
4. Lalu Masukkan CD XP kita lalu kita tunggu proses nya sampai proses selesai.
5. Pilih Apply, lalu pilih “Details” (ikuti gambar di atas). pilih “Add”, seperti pada gambar berikut.

6. Maka akan muncul kotak berikut, lalu kita klik pada bagian Input Language, dalam kasus ini adalah jenis font Chinese (Taiwan), pilih OK, lalu lihat hasilnya seperti diatas.

7. Kita dapat melakukan cara di atas untuk bahasa Jepang, Korea atau bahasa yang lain.
8. Pilih OK, dan kita lihat di bagian status bar (kanan bawah), maka akan terdapat optional untuk menulis font Jepang, Cina atau Korea.
9. Untuk ganti bahasa, kita dapat memakai kombinasi tombol Alt+Shift, dan kita sekarang sudah dapat menulis dengan menggunakan font Jepang,Cina dan Korea.
10. Jika anda ingin install fonts yang banyak, agar lebih mempercepat proses pemindahan font bahasa yang kita pakai, cara nya adalah dengan memakai shortcut.
Langkah nya sebagai berikut: seteleh kita lakukan langkah ke tujuh (7) , pilih “Key Settings”, lalu pilih lagi “Change Key Sequence” kemudian klik “kombinasi tombol yang kita mau.

Untuk font lainnya, Anda bisa mencoba sendiri ya, dengan cara install font lain nya, semoga bermanfaat.

Blog Archive